Harga Minyak Melemah Seiring Peningkatan Suplai AS

Harga Minyak Melemah Seiring Peningkatan Suplai AS

Harga minyak mentah melemah sekitar 3% pada hari Rabu setelah adanya laporan Energy Information Administration (EIA) AS mengenai peningkatan suplai minyak mentah AS dan laporan terkait tingginya tingkat produksi Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).

Saat penulisan, minyak mentah diperdagangkan di kisara $45.45 dengan level support terdekat di 44.75, dan resisten di 46.20. Harga minyak juga sempat mencoba rebound saat rilis pernyataan Federal Reserve mengenai tetapnya suku bunga AS untuk saat ini.

Suplai minyak AS dilaporkan meningkat sebesar 14.4 juta barel atau 3.1% per tanggal 28 Oktober 2016, terbesar sejak tahun 2008 (dalam perhitungan persentase).  Peningkatan produksi minyak di Libya dan Nigeria juga semakin menekan pergerakan harga minyak. Sampai saat ini, tingkat produksi OPEC meningkat hingga level 33.82 juta barel per hari, dari sebelumnya sebesar 33.69 juta barel per hari di bulan September.

Investor masih akan memantau perkembangan harga minyak hingga pertemuan OPEC selanjutnya di Wina pada tanggal 30 November 2016 terkait kepastian kebijakan pembatasan tingkat produksi minyak OPEC dan pembagian kuotanya. Pihak OPEC dan non-OPEC mengkonfirmasi bahwa tujuan dari kebijakan ini adalah untuk mendorong kenaikan harga minyak di tahun 2017.

Categories: Berita Pasar

About Author

traderpartner

Praktisi Forex, Komoditas Dan Indeks Saham. Memajukan Trader Indonesia. Add Pin BBM 7E479446

Write a Comment

Only registered users can comment.