Emas Sentuh Level Tertinggi 3 Bulan

Emas Sentuh Level Tertinggi 3 Bulan

Emas menguat pada hari Senin dan menyentuh level tertinggi sejak bulan Juli, spekulasi penundaan kenaikan suku bunga di AS terus menjaga kinerja logam mulia ini.

Sepanjang tahun ini, emas sempat meneyuntuh level terendah 5 1/2 tahun di bulan Juli lalu, akibat Federal Reserve AS yang bersiap untuk menaikkan suku bunga di tahun ini. Emas merupakan aset tanpa imbal hasil, sehingga menjadi kurang menarik jika The Fed menaikkan suku bunga.

Namun data ekonomi AS yang dirilis kurang apik belakangan ini, serta pelambatan ekomomi global yang dapat berdampak ke AS, memudarkan ekspektasi kenaikan suku bunga di tahun ini.

Para pejabat The Fed dalam beberapa hari terakhir masih menegaskan keyakinan akan kenaikan suku bunga di tahun ini, asal data-data ekonomi AS tidak mengecewakan. Namun pasar sepertinya lebih yakin abank sentral AS tersebut tidak akan menaikkan suku bunga sampai tahun depan. Hedge Fund, dan manajer investasi telah menaikkan posisi bullish untuk emas dan perak di COMEX, dan mencapai level tertinggi empat bulan pada pekan yang berakhir 6 Oktober. 

Emas pada perdagangan Senin berakhir di level $1.164,10 per troy ounce, dengan level tetringgi harian $1.168,90, dan terendah $1.154,66.

Categories: Berita Pasar

About Author

traderpartner

Praktisi Forex, Komoditas Dan Indeks Saham. Memajukan Trader Indonesia. Add Pin BBM 7E479446

Write a Comment

Only registered users can comment.